#Label1 li { float:left; width:45%; }

Rumah Panggungku

rumahku panggungku

Jumat, 21 Juni 2013

Pengurus PNPM Santong Selenggarakan Pelatihan UEP



KM Rumah Panggungku. Sebanyak 17 orang warga Kelompok Wanita Se Desa Santong mengikuti Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif ( UEP ) yang diselenggarakan oleh Pengelola Kegiatan (PK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Desa Santong.

Kegiatan  yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 18 s/d 21 Juni 2013 tersebut dilaksanakan di Aula kantor Desa Santong dengan mendatangkan  para Instruktur dari  Balai Pelatihan  Aisyiah Mataram sebanyak 4 orang, yang mengajarkan cara membuat, mengemas dan mempromosikan aneka jenis jajanan tardisional maupun modern dengan mengutamakan bahan baku local.
Usai Kegiatan Pelatihan  Suryadi, S.Pd  (34) selaku Ketua Panitia sekaligus Ketua PK PNPM Desa Santong saat dijumpai Pewarta KM mengatakan “kegiatan Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) ini sebetulnya sudah lama direncanakan dan merupakan hasil keputusan Musyawarah Desa (Musde) beberapa waktu lalu yang diikuti oleh sekitar 60 orang Peserta perwakilan dari 12 Dusun yang ada di Desa Santong, ada beberapa kegiatan Pelatihan yang disepakati untuk dilaksanakan di Desa Santong meliputi Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk meningkatkan Perekonomian Masyarakat, antara lain: Pelatihan tataboga dan sablon  seperti yang sedang kita laksanakan, Pelatihan anyaman bambu yang belum kita laksanakan” paparnya.
Terkait dengan Pendanaan Kegiatan Pelatihan, Suryadi juga mengungkapkan “Untuk biaya semua Kegiatan Pelatihan yang kita laksanakan jumlahnya sekitar 40.000.000 (Empat Puluh Juta ) semuanya berasal dari Dana PNPM tahun 2013, untuk itu kami selalu menghimbau kepada semua peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan ini dengan tekun dan serius, karena banyak sekali pengetahuan baru tentang usaha rumah tangga yang diajarkan Instruktur sehingga mereka punya peluang besar mengembangkan  sebagai usaha Ekonomi karena masalah modal mereka bisa dapatkan dari Progran Simpan Pinjam di Program PNPM juga” tambahnya.
 Sementara itu salah seorang Peserta Pelatihan bernama Ernawati (30) mengaku sangat tertarik dengan Pelatihan yang diikutinya selama 4 hari tersebut, banyak pengetahuan baru yang didapatkannya untuk dikembangkan nanti dirumahnya, yang secara kebetulan wanita beranak satu yang beralamat di Dusun Santong Barat tersebut memang telah memiliki Usaha rumahtangga berupa Produksi Pisang Sale. (Yudik)

0 komentar:

Posting Komentar