#Label1 li { float:left; width:45%; }

Rumah Panggungku

rumahku panggungku

Minggu, 25 Agustus 2013

PNPM Kayangan gelar pelatihan manajemen Usaha Ekonomi Produktif



KM Rumah Panggungku- PNPM Kayangan kembali menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Usaha Produktif (UEP) bagi 36 wanita dari kelompok PKK dan Kader Posyandu di Desa Kayangan, Lombok Utara , tujuan  pelatihan ini adalah  untuk menyiapkan kompetensi kewirausahaan  yang produktif dan cerdas menangkap peluang sehingga mampu menciptakan kesempatan kerja bagi dirinya dan oranglain. 

"Ini merupakan pelatihanManajemen  usaha ekonomi produktif  perempuan, terutama mereka yang ada dipedesaan, agar memiliki kemampuan mulai dari cara pengolahan, pengemasan dan pemasaran produk" ucap Jumaedi, Ketua PNPM Kayangan usai membuka acara Pelatihan tersebut.

Lanjut Jumaedi,” materi pelatihan adalah Manajemen Usaha Ekonomi,  pengemasan , promosi dan pemasaran produk, Peserta ini sebelumnya memang sudah mengikuti pelatihan Pengolahan produk (Tata Boga)  terutama yang berbahan baku Lokal, agar dapat menciptakan produk komersil yang bahan bakunya murah tapi hasilnya bergizi dan berkwalitas, sebab selama ini banyak sekali hasil petani yang yang dikirim mentah keluar dan hanya dibeli dengan harga yang murah seperti singkong, ubi jalar, labu dan lainnya, padahal jika semua itu bisa diolah menjadi makanan yang mewah”. 

Sementara itu salah seorang Pelatih dari Fakultas Ekonomi UNRAM  mengatakan, “perhatian Pemerintah untuk terus membangun semangat kewirausahaan produktif dilakukan dengan pertimbangan yang sangat realistis. Selain mampu memberikan serapan tenaga kerja yang lebih besar, sektor informal yang ditopang usaha kewirausahaan merupakan pilar penting perekonomian nasional dan daerah, Sesungguhnya, sektor informal dan kewirausahaan ini memiliki keunggulan dan kemampuan yang relatif lebih baik dibanding usaha berskala besar dalam menghadapi gejolak moneter. Hal ini sudah teruji ketika negara kita mengalami krisis moneter dan krisis global, beberapa tahun silam,”ungkapnya penuh semangat pada acara pembukaan pelatihahn tersebut.

Salah seorang peserta pelatihan  yang dijumpai Pewarta  Media bernama Uswatun Hasanah mengungkapkan “ kami sangat bersyukur dengan adanya pelatihan seperti, kami merasa dapat wawasan yang luas tentang bagaimana kami harus memenej Usaha yang sedang kami rintis, selama ini kami telah membuat beberapa olahan kuliner namun kami sangat bingung bagaimana kami harus mempromosikan dan memasarkannya agar lebih dikenal terutama sampai ke kota”.

Uswatun juga menambahkan beberapa kendala yang dihadapi oleh kelompok usahanya adalah permodalan, untuk itu ia sangat berharap kepada pihak tertentu khususnya PNPM agar lebih banyak memberikan Dana pinjaman dari Program SPP yang selama ini telah berjalan lancar. (Yudik)

0 komentar:

Posting Komentar