#Label1 li { float:left; width:45%; }

Rumah Panggungku

rumahku panggungku

Kamis, 26 Juli 2012

PELATIHAN PENYUSUNAN PERDES YANG PARTISIFATIF

KM. Rumah Panggungku  Pelatihan penyusunan perdes partisifatif ini di ikuti oleh BPD dan pemerintah desa  yaitu 4 desa yang ada di kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara yakni desa Santong, Sesait, Kayangan dan Dangiang dari tanggal  24 – 25 Juli 2012, dengan Fasilitator sekaligus Narasumber Bapak Abidin Tuarita,  diselenggarakan oleh Access yang sangat peduli terhadap dinamika dan perkembangan desa di kawasan Lombok Utara selama dua hari di Aula Kantor Desa Sesait, pelatihan yang diikuti oleh sekitar 30 orang perwakilan BPD dan pemerintah desa ini diikuti secara serius karena manfaat yang akan didapatkan dari pelatihan ini dijadikan sebagai motor penggerak program-program yang ada di desa.
Banyak sekali pembahasan yang sangat urgen terkait dengan program yang ada di desa, disamping kajian tentang sumber daya apa yang ada didesa, kemudian apa hambatan dan tantangannnya, serta secara bersama memikirkan solusi apa yang akan dilaksanakan terkait dengan persoalan yang di hadapi oleh masyarakat.
Masalah air dijadikan sebagai persoalan yang paling serius karena di beberapa tempat air ini di belum dapat manfaatkan oleh beberapa Desa yang ada di Kecamatan Kayangan sedangkan kawasan setempat akan mengalami kekurangan air, belum lagi pihak Pemda yang akan menyerahkan jaringan Air Bersih Bantuan Pemerintah Pusat untuk dikelola oleh  PDAM Mataram, karena masih banyak warga yang keberatan penyerahan pengelolaan jaringan air bersih  tersebut sebab ada yang menginginkan pengelolaan air bersih tersebut dilakukan olem PAMDES di masing-masing Desa yang ada di Kecamatan Kayangan. Selain tentang persoalan air peserta juga akan berusaha untuk bisa mendapat bagian dari pengelolaan fasilitas umum  seperti retribusi keamanan dan kebersihan pasar bagi desa yang memiliki pasar umum yang slama ini dikelola oleh Pemda seperti Pasar Santong dan Pasar Kayangan, kemudian biaya pemeliharaan jalan raya dan saluran irigasi.
Maka momen yang sangat tepat dengan program yang dilaksanakan oleh Access terhadap persoalan yang di hadapi oleh masyarakat terkait dengan pembuatan perdes baik dalam hal kajian atau atauran tentang keberadaan air maupun lainnya. Pemerintah desa maupun BPD sepakat untuk membuat dan melakukan kajian ulang tentang peraturan di masing-masing desa.
Yudik.

0 komentar:

Posting Komentar