#Label1 li { float:left; width:45%; }

Rumah Panggungku

rumahku panggungku

Rabu, 18 Juli 2012

PNPM KOBARKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG


KM. rumah panggungku…  senin pagi 16 Juli 2012 hampir seluruh warga Dusun santong Asli dan Gubuk Baru Desa Santong Kecamatan Kayangan Lombok Utara beramai-ramai turun kejalan tetapi mereka tidak membawa spanduk atau pamphlet untuk protes melainkan mereka membawa sekop, pacul, ember dan sebagainya, mengapa demikian? Karena mereka bukan turun jalan untuk melakukan aksi demo melainkan mereka melakukan aksi gotong royong menyelesaikan kegiatan pengecoran rabat jalan Dusun Santong Asli Desa  santong Kecamatan Kayangan.
Dalam kegiatan tersebut Nampak pula sejumlah tokoh masyarakat, seperti Kepala Desa, Ketua BPD dan sejumlah kepala Dusun lainnya bahkan hadir pula sekitar 10 orang mahasiswa dari Universitas Mataram yang kebetulan sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) di Desa santong. Sejumlah tokoh ini sengaja diundang untuk memberikan motivasi kepada warga agar lebih bersemagat bergotong royong, demikian diungkapkan oleh Sirman ( 41 th ) Kepala Dusun Gubuk Baru.
Ketika ditemui Penulis Kampung Media, Salikin ( 43th ) Kepala Dusun Santong Asli mengungkapkan “ kami merasa cukup bangga dengan semangat gotong royong dari warga kami, mereka masih memiliki jiwa sosial yang tinggi, dan juga mungkin karena apa yang mereka kerjakan ini demi kepentingan kita bersama, sehingga  jalan ditempat  ini menjadi bagus tidak lagi rusak, karena dulunya jika musim hujan tiba maka jalan ditempat tersebut menjadi saluran air sehingga timbunan  dari pengerasan jalan yang pernah dilakukan dulu hancur berantakan dan warga tidak bisa melalui jalan tersebut karena tanah dijalan tersebut merupakan tanah liat”.
Sementara itu” Muhakim”   kepala Desa Santong juga mengungkapkan “ kegiatan rabat jalan ini merupakan bagian dari proyek Drainase saluran kiri kanan jalan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Pedesaan ( PNPM-MPd) yang berlokasi di Dusun Santong Asli Desa santong, jadi saya merasa puas dengan apa yang dilakukan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) karena bisa melibatkan warga  untuk berpartiispasi melaksanakan kegiatan seperti ini, itu artinya warga bisa ikut mengontrol pelaksanaan kegiatan lebih transfaran dan berkwalitas”.
Ditempat yang sama Suryadi ( 34 ) Ketua TPK-PNPM Desa Santong juga menjelaskan  “ Proyek ini merupakan kegiatan yang didanai dari PNPM-MPd Tahun Anggaran 2012 dengan jenis kegiatan Drainase yang berlokasi jalan Perkampungan Dusun Santong Asli, Volume Proyek Drainase sepanjang 825 meter, Nilai Kegiatan sebesar  Rp. 262,819,500 (Dua ratus enam puluh dua juta delapan ratus Sembilan belas ribu lima ratus rupiah ), DO UPK  Rp. 5,533,000 ( Lima juta lima ratus tiga puluh tiga ribu rupiah) DO TPK Rp. 8,299,600 ( Delapan juta dua ratus Sembilan puluh Sembilan ribu enam ratus rupiah ) dengan waktu pelaksanaan selama 90 hari. Jadi kami bekerja setransfaran mungkin kepada warga dan juga rekan pengurus agar tidak saling mencuriga dalam pelaksanaan kegiatan ini, karena semua ini demi kemaslahatan kita bersama, untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang berkwalitas dan kegiatan bisa sukses”. Yudik

0 komentar:

Posting Komentar