#Label1 li { float:left; width:45%; }

Rumah Panggungku

rumahku panggungku

Selasa, 31 Juli 2012

SEMARAK RAMADHAN DI PONPES BAYYINUL ULUM


KM. Rumah Panggungku  Kegiatan Belajar mengajar di Pondok Pesantren bayyinul Ulum santong khususnya di bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah terasa sangat berbeda, pasalnya sejumlah kegiatan ekstra dalam rangka menyemarakkan Bulan penuh barokah ini diadakan baik untuk kegiatan didalam pondok maupun kegiatan yang dilaksanakan diluar pondok.
Menurut Ustadz Lalu Junaidi, S.PdI salah seorang guru Pembina di Pondok Pesantren tersebut mengungkapkan bahwa semua kegiatan yang dilaksanakan secara khusus di bulan Ramadhan tersebut bertujuan untuk membina para santri baik yang tinggal didalam asrama maupun yang masih pulang pergi agar dapat mengendalikan kegiatan-kegiatan mereka yang kadang tidak bisa kita control, karena kami lihat di bulan Ramadhan mereka sering ugal-ugalan terutama santri yang pulang pergi, sehingga di bulan Ramadhan ini kita lebih banyak memberikan siraman kerohanian agar mereka lebih fokus pada pelaksanaan ibadah puasa, memahami makna puasa dan semua kelebihan-kelebihan dari pada b ulan puasa itu sendiri”.
Ketika ditanya tentang kegiatan apa saja yang dilaksanakan dalam semarak ramadhan tersebut, Ustadz lulusan Universitas NW Mataram tahun 2011 tersebut menjelaskan “ Kegiatan yang dilaksanakan didalam Pondok adalah Pembinaan Kegiatan Kerohanian seperti Pendalaman kitab kuning secara kolektif kepada seluruh santri, sedangkan untuk kegiatan yang dilaksanakan di luar pondok adalah pelaksanaan Kegiatan Safari Ramadhan  yang tiap tim/rombongan Safari tersebut berasal dari Santri dan Guru-guru, dan kita melakukan safari  ini dengan beberapa tujuan antara lain untuk meningkatkan Silaturrahmi  para Guru dan santri dengan masyarakat, memberikan kesempatan kepada para santri untuk dapat berlatih bermasyarakat, mensosialisasikansemua kegiatan ponpes ke tengah-tengah masyarakat. Kemudian Tim Safari yang di bentuk untuk Ramadhan 2012 ini adalah sebanyak 11 tim yang melaksanakan kegiatan Safari secara bergiliran ke desa-desa yang  ada di tiga Kecamatan di  Kabupaten Lombok Utara antara lain  Kecamatan Gangga ,Kayangan, dan Kecamatan Bayan”.
Ditempat berbeda Penulis KM juga mewawancarai  Ustadz lalu Syarifuddin, S.PdI (Mantan Kepala MTs. Bayyinul Ulum Santong Tahun 2010)  dan menjelaskan bahwa” Kegiatan safari Ramadhan ini rutin dilaksanakan setiap Tahun, kegiatan ini merupakan kesempatan bagi kita untuk melatih para siswa yang berbakat dan berprestasi untuk belajar dan berlatih tampil dikalangan masyarakat banyak, agar nanti setelah mereka pulang ketengah masyarakatnya mereka bisa tampil sebagai pemimpin-pemimpin masa depan, kita juga tetap berupaya untuk terus berusaha meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bertujuan melatih mental dan bakat para santri”. Yudik

0 komentar:

Posting Komentar